Rabu, 10 Mei 2017

Kebun Mangga Gedong Gincu, Pilihan Baru Destinasi Agrowisata di Cirebon


Cirebon merupakan salah satu daerah di ujung timur Jawa Barat menyimpan potensi wisata yang beragam. Letak geografis yang berada di wilayah pantai utara Laut Jawa hingga dataran menengah mendekati Gunung Cermai menjadi anugerah tersendiri bagi perkembangan pariwisata alam di Cirebon. Kultur budaya masyarakat yang beragam pun turut menunjang Cirebon menjadi salah satu tujuan wisata budaya, wisata sejarah, bahkan wisata religi. Potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi salah satunya adalah wisata yang menyuguhkan potensi pertanian dalam arti luas, yang biasa disebut sebagai agrowisata.  

Bapak Haerudin, pemilik & penggagas Agrowisata Kebun Mangga Gedong Gincu Sedong Lor

Agrowisata yang sedang dikembangkan di Cirebon salah satunya adalah Agrowisata Mangga Gedong Gincu yang ada di Sedong Lor, Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon. Banyaknya pohon mangga di lahan yang luas serta tempat yang nyaman dan bisa dijadikan tempat bersantai dan juga TTP (Taman Teknologi Pertanian) yang didalamnya terdapat pembelajaran yang bisa diambil dalam bidang pertanian.  “Awal sejarah nama mangga gedong gincu berasal dari orang-orang Gujarat yang membawa mangga dan mangga tersebut dibeli oleh orang-orang gedongan (kaya) di Cirebon, sehingga dinamai gedong gincu. Pohon mangga tersebut ditanam di Keraton Kasepuhan Cirebon yang sampai sekarang pun pohonnya masih ada.” tutur Bapak Haerudin, selaku pemilik kebun mangga gedong gincu. Beliau memaparkan bahwa mangga gedong gincu ini baik buat kesehatan, karena apabila dimakan dipagi hari tidak akan membuat sakit perut walaupun belum makan nasi. 



Kebun agrowisata manga gedong gincu ini terletak di Desa Sedong Lor. Pengunjung yang ingin mencapai tempat wisata ini akan disuguhi pemandangan yang indah karena melewati hamparan sawah dan beberapa kebun milik penduduk setempat yang masih asri. Perjalanan akan sangat mengesankan karena keramahan penduduk sekitar ditambah dengan udara pedesaan yang masih sejuk.



Kebun agrowisata mangga gedong gincu seluas 25 hektar milik Bapak Haerudin ini pernah dikunjungi oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Ani Yudhoyono pada tahun 2016. Beliau menuturkan bahwa di Istana Negara sudah terbiasa disuguhi mangga gedong gincu, sehingga Bapak SBY (panggilan akrab Presiden RI ke-6) ingin melihat secara langsung sentra produksi mangga gedong gincu yang terpusat di Cirebon, Jawa Barat.


Kebun agrowisata mangga gedong gincu juga dilengkapi dengan adanya Situ Sedong dan Taman Teknologi Pertanian (TTP) yang terletak tidak jauh dari kebun agrowisata mangga gedong gincu. Harapannya di tahun mendatang kebun agrowisata manga gedong gincu di Desa Sedong Lor ini juga dilengkapi dengan saung-saung dan kolam ikan. Fasilitas tersebut akan memanjakan para pengunjung agar dapat menikmati mangga secara langsung serta wisata kuliner ikan-ikan yang dipancing sendiri dari kolam. Kuliner yang akan disajikan juga menawarkan cita rasa sambal yang unik, yakni sambal dengan bahan baku mangga gedong gincu. Apalagi menurut Bapak Haerudin, pengunjung yang datang ke kebun agrowisata manga gedong gincu ini tidak hanya berasal dari dalam negeri namun juga dari luar negeri. Hal ini sangat baik bagi perkembangan agrowisata di Cirebon karena kan semakin banyak pengunjung yang dating nantinya. Jika di Malang Jawa Timur sudah ada agrowisata petik buah apel, di Bandung sudah ada agrowisata petik buah Strawberi. Kini saatnya di Cirebon juga ada agrowisata petik buah mangga gedong gincu. Pengunjung dapat menikmati suguhan yang berlapis-lapis, mulai dari pemandangan alam yang menawan, wisata kuliner, serta membawa oleh-oleh buah mangga gedong gincu fresh yang dipetik langsung dari kebunnya [fr].

 
Situ Sedong

1 komentar:

  1. Wah mantap ninh buat deastinasi wisata kuliner - ada nomor hape nya pak?

    BalasHapus